PSMTI akan Gelar Rakerwil ke-1 se-Sumatra dan Pelantikan Pengurus Provinsi Jambi

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia ( PSMTI ) akan mengadakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) se-Sumatra ke-1 dan Pelantikan Pengurus PSMTI Provinsi Jambi pada Jumat (13/10/2023).

Humas PSMTI Provinsi Jambi, Harta, mengatakan persiapan telah dilakukan. “Ada 50 orang peserta akan hadir dalam rakerwil, dan 300 undangan telah disebar,” ujarnya.

Acara ini juga akan disiarkan secara langsung (live) oleh Tribunjambi.com. Keberadaan PSMTI hari ini merupakan kelanjutan sejarah dari apa yang telah di wariskan para pendiri Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI).

Para pendiri PSMTI pada saat itu menyadari ada akar masalah yang perlu didialogkan dan diselesaikan serta diusahakan bisa diselesaikan satu kali untuk selamanya.

Untuk keperluan itu perlu wadah yang kompeten untuk menampung dan menyalurkan aspirasi serta didialogkan dengan pemerintah, dewan perwakilan dan golongan masyarakat untuk menemukan akar masalah dan untuk diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Mengutip psmti.or.id, PSMTI merupakan organisasi kemasyarakatan suku Tionghoa Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia tingkat nasional yang didirkan pada 28 September 1998. Organisasi ini tersebar telah ada di 31 provinsi serta 300 kota/kabupaten se-Indonesia.

PSMTI bersifat sosial, budaya dan kemasyarakatan sebagai wadah komunikasi, interaksi, penyerap dan penyalur aspirasi suku Tionghoa di Indonesia dengan lembaga negara, instansi pemerintah, organisasi dan komponen masyarakat lain.

Visi PSMTI ialah Suku Tionghoa Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia bersama komponen Bangsa Indonesia seluruhnya mempunyai hak dan kewajiban membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia menuju masyarakat adil dan makmur.

Adapun misi PSMTI antara lain:

1) Meningkatkan kesadaran ber-Masyarakat, ber-Bangsa dan ber-negara secara berkelanjutan dan berkesinambungan;

2) Masuk dalam Arus Besar Bangsa Indonesia dengan turut serta secara aktif dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara;

3) Memantapkan jati diri sebagai salah satu suku dalam Keluarga Besar Bangsa Indonesia;

4) Memberikan manfaat bagi Bangsa dan Negara terutama dalam bidang sosial, budaya, pendidikan dan kemasyarakatan.


Artikel ini telah tayang di TribunJambi.com oleh Edmundus pada 12 Oktober 2023 dengan judul “PSMTI akan Gelar Rakerwil ke-1 se-Sumatra dan Pelantikan Pengurus Provinsi Jambi”,  https://jambi.tribunnews.com/2023/10/12/psmti-akan-gelar-rakerwil-se-sumatra-ke-1-dan-pelantikan-pengurus-provinsi-jambi.