PSMTI Kalsel Adakan Pengobatan Gratis di Desa Simpang Warga

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Desa Simpang Warga Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar pada Minggu (29/10/2023).

Ketua Harian PSMTI Kalsel Arifin Suritiono mengatakan, kegiatan ini berkolaborasi dengan CIMSA, KPI, serta dokter-dokter yang tergabung dalam Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

“Kegiatan ini kan biasanya kita laksanakan di Kota Banjarmasin bersama dengan donor darah, pengobatan gratis, nah itu kita laksanakan setiap tahun. Untuk pengobatan gratis kali ini, kita lakukan bukan di Kota Banjarmasin, tetapi kita masuk ke daerah-daerah,” ucapnya.

Pada kegiatan baksos kali ini, menghadirkan sekitar 100 warga setempat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. GCU (Clucose, Cholesterol, Uric Acid) yang disiapkan sebanyak 150 set telah habis dipakai. Berdasarkan hasil pemeriksaan, umumnya warga terdeteksi gangguan hipertensi, asam urat, kolesterol, gejala diabetes, masalah pernapasan, dan stroke.

“Jadi memang itu suatu kegiatan rutin yang kita terus kembangkan. Mungkin pertiga bulan kita pindah ke desa lain yang sulit dijangkau. Kita juga dapat arahan dari Dinas Kesehatan maupun Dinas Lingkungan di Banjarmasin bahwa di sana kurang pelayanan tentang kesehatannya,” katanya.

Masyarakat sangat antusias dan menyambut baik kegiatan bakti sosial yang dimotori oleh PSMTI Kalsel, bahkan Camat dan Kepala Desa setempat yang juga turut hadir, mengharapkan kegiatan ini bisa terus berlanjut ke desa lain.

“Kita dari PSMTI Kalsel, kegiatan baksos secara rutin kita laksanakan terus dari Ramadhan, pergi ke panti-panti, kemudian donor darah, itu sepanjang tahun kita adakan. Tentunya harapan kita bisa membumikan PSMTI agar lebih dihargai dan dikenal oleh masyarakat,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di eljhonnews.com oleh Savira pada 31 Oktober 2023 dengan judul “PSMTI Kalsel Adakan Pengobatan Gratis di Desa Simpang Warga”, https://eljohnnews.com/psmti-kalsel-adakan-pengobatan-gratis-di-desa-simpang-warga/


Posted

in

by