Perkuat Sinergi dan Kinerja, Pengurus PSMTI Pusat Bersama Dewan Gelar Rapat Perdana Tahun 2024

Pengurus PSMTI Pusat dan  Dewan menggelar rapat perdana  tahun 2024 di Executive Lounge, Lantai 5 Gedung Utama, Kampus 1 Universitas Tarumanagara (UNTAR), Selasa (16/01/2024).  Rapat dihadiri pengurus teras PSMTI bersama jajarannya  serta para dewan kehormatan, penasehat, penyantun dan pakar.

Digelarnya  rapat ini, sekaligus untuk mempererat silaturahmi antar pengurus PSMTI pusat dan dewan. Rapat diawali dengan laporan kegiatan PSMTI yang sudah berjalan sepanjang tahun 2023. Laporan ini disampaikan Sekretaris Umum (Sekum) PSMTI Peng Suyoto.

Kegiatan tersebut di antaranya, peluncuran website resmi PSMTI, peresmian kantor baru PSMTI di TMII, mengikuti pelatihan pemantapan nilai-nilai (taplai) kebanggsaan di Lemhannas, ikut mendukung serta iktu dalam kegiatan gerak jalan lintas agama yang diprakarsai pengurus Masjid Istiqlal, menggelar fun walk dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional,  menggelar upacara penghormatan leluhur bersama marga-marga, menggelar Rakernas ke XIX di Kalimantan Selatan, menggelar Rapimnas di Lampung, perayaan ulang tahun PSMTI ke-25 di TMII,   dan sejumlah kegiatan bakti sosial maupun  pelayanan seperti donor darah, pemeriksaan gula darah, pembagian takjil, santunan baik di tingkat pusat maupun daerah dan lain-lain.

Selain itu, salah satu organisasi Tionghoa terbesar di Indonesia ini,  juga tak putus menjalin silaturahmi dengan pejabat tinggi negara dan orang-orang penting di Indonesia. Bahkan pada 15 Mei 2023, pengurus PSMTI bersilaturahmi dengan  Presiden Jokowi dan  menyampaikan apresiasi kepada orang nomor satu di Indonesia ttu  atas kepemimpinannya.

Tak berhenti di situ, PSMTI juga terus memperkuat hubungan internasional dengan sejumlah negara, seperti menghadiri  Konferensi ASEAN Chinese Clans Association  (ACCA) ke-10 di Malaysia, ikut mendukung pameran yang digelar CCPIT Commercial Sub-council di JI Expo Kemayoran dan mendukung acara pertukaran  budaya di Naning, Tiongkok.

Pada rapat ini, sejumlah peserta yang hadir termasuk dewan menyampaikan apresiasi kepada pengurus PSMTI pusat atas kerja kerasnya dalam mengembangkan organisasi ini dan terus  berkontribusi membantu pemerintah melalui kegiatan-kegiatan yang digelar. Kendati demikian, masih ada catatan yang menjadi evaluasi PSMTI agar dapat lebih baik lagi kedepan.

Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta menyampaikan terima kasih atas pujian, masukan dan  kritikan yang membangun untuk PSMTI. Menurut Wilianto masukan dan  kritikan tersebut yang dibutuhkan PSMTI agar PSMTI tidak salah dalam melangkah, apalagi tahun ini merupakan tahun politik.

“Masukan dari Dewan agar pengurus bekerja dengan semangat di tahun 2024 ini, penuh kekompakan dan tidak memihak di salah satu pasangan capres, pilih lah sesuai hati Nurani,” ujar  Wilianto saat diwawancarai tim liputan EL JOHN Media.

Pada kesempatan ini Wilianto juga menyampaikan kepada anggota PSMTI di seluruh Indonesia untuk mendukung kader terbaik PSMTI yang maju sebagai calon wakil rakyat baik di tingkat pusat maupun daerah. Kehadiran suku Tionghoa di DPR RI maupun DPRD sangat diperlukan untuk dapat berperan aktif  membangun negeri dan juga  dapat menjadi saluran  aspirasi masyarakat suku Tionghoa.

“Saya berharap mereka jangan mengecewakan karena sudah menjadi wakil rakyat,  secara keseluruhan mereka harus dapat menjaga kepercayaan dari rakyat, utamanya jangan korupsi, harus jujur dan loyal kepada NKRI,” kata Wilianto sembari berpesan kepada masyarkat suku Tionghoa untuk tidak golput.

Hal senada juga disampaikan Sekum PSMTI Peng Suyoto. Ia menyampaikan harapan PSMTI kepada  seluruh anggota PSMTI untuk  ikut mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan  yang akan digelar pada 14 Februari mendatang, dengan cara datang ke TPS dan coblos sesuai pilihannya.

“Harapan kita tentu seluruh cabang kita, baik secara Provinsi maupun Kabupaten/Kota terus menjalankan visi misi  dan program-program kerja yang sudah dicanangkan serta mendorong semua anggota untuk ikut  menyukseskan event besar negara yakni pemilu dengan tidak golput,” tegas Peng Suyoto.

Terkait kegiatan PSMTI, Peng Suyoto mengatakan kegiatan PSMTI di tahun 2024 tidak jauh  berbeda dengan tahun sebelumnya namun ada beberapa kegiatan  pelaksanaannya masih menunggu pelaksanaan Pemilu seperti Tahun Baru Imlek yang perayaannya berdekatan dengan hari pencoblosan.

“Imlek itu memang dekat dengan Pemilu, jadi kegiatan secara personal atau keluarga tetap dijalankan namun secara organisasi, kita mendorong untuk sukseskan pemilu, jadi lebih baik Imlek-nya bersama keluarga,” tutur Peng Suyoto.

Artikel ini telah tayang di eljhonnews.com oleh Sigit Purnomo pada 17 Januari 2024 dengan judul “Perkuat Sinergi dan Kinerja, Pengurus PSMTI Pusat Bersama Dewan Gelar Rapat Perdana Tahun 2024”, https://eljohnnews.com/perkuat-sinergi-dan-kinerja-pengurus-psmti-pusat-bersama-dewan-gelar-rapat-perdana-tahun-2024/


Posted

in

by