Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia

Peringati HUT RI ke-78, Ketum PSMTI Berikan Pesan untuk Cinta dan Jaga Persatuan

Pada 17 Agustus 2023, Indonesia memasuki usia ke-78 tahun. Dalam memperingati HUT RI, Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta, memberikan pesan kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk anggota PSMTI, untuk selalu menjaga persatuan dan terus mencintai Indonesia.

“Sebagai warga negara Indonesia, kita bangga serta cinta kepada negara kita ini. Lalu, saat ini kita sudah melalui pandemi Covid-19 dengan aman dan tentram. Tentu harapan kita semoga Indonesia semakin jaya dan bagus di mata masyarakat umum maupun dunia,” ucap Wilianto.

Arti kemerdekaan menurut Wilianto ialah suka cita di mana Indonesia sekarang sudah merdeka 78 tahun, serta masyarakat adil dan makmur. Meskipun terdapat perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, tetapi tetap bersatu. Hal ini seperti yang tertuang pada semboyan Indonesia, yakni Bhineka Tunggal Ika.

“Bagaimanapun juga PSMTI ini adalah paguyuban dari marga-marga Tionghoa, yang mana kita juga adalah bagian dari warga negara Indonesia. Kita selama ini terus berkontribusi kepada masyarakat baik itu seni dan budaya, sosial, kemasyarakatan,” kata Wilianto.

Oleh karena itu, Wilianto berpesan kepada seluruh anggota PSMTI se-Indonesia, untuk tetap semangat merayakan hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun, serta merayakan HUT PSMTI ke-25 tahun yang akan diselenggarakan pada 2 Oktober 2023 di Taman Mini Indonesia Indah.

“Semangat bermasyarakat dan menjalin hubungan baik dengan yang ada di sekeliling kita, baik ke pemerintah maupun masyarakat. Kunci utamanya adalah menjaga persatuan, serta cinta kepada NKRI,” ucap Wilianto.

Setiap tahunnya, PSMTI aktif mengadakan berbagai kegiatan di bidang sosial untuk masyarakat, seperti donor darah, UMKM, buka puasa bersama, bedah rumah, dan lainnya. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di pusat, tetapi PSMTI seluruh daerah di Indonesia. Wilianto menuturkan, PSMTI di setiap daerah mempunyai kemampuannya masing-masing, sehingga dapat menyelenggarakan berbagai kegiatan.

“Kalau selama ini kita kolaborasinya seperti di daerah-daerah, dan daerah akan berkolaborasi kepada pemerintah, baik itu provinsi maupun kabupaten/kota. Selama ini, kolaborasi paling utama setiap tahun adalah Palang Merah Indonesia (PMI) untuk donor darah nasional, pusat, provinsi daerah,” jelas orang nomor satu di PSMTI.

Artikel ini telah tayang di eljohnnews.com ditulis oleh Savira pada 16 Agustus 2023 dengan judul “Peringati HUT RI ke-78, Ketum PSMTI Berikan Pesan untuk Cinta dan Jaga Persatuan”, https://eljohnnews.com/peringati-hut-ri-ke-78-ketum-psmti-berikan-pesan-untuk-cinta-dan-jaga-persatuan/