Event IGT dan ILF 2024, PSMTI Bersama Krista Exhibitions Menggelar Kontes Mode Busana Peranakan di JIExpo Kemayoran

Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Dept. Kaderisasi, Pemuda dan Pengembangan PSMTI Pusat bersama Krista Exhibitions didukung oleh Perwanti-PSMTI, dalam event IGT & ILF 2024 telah menyelenggarakan “Kontes Mode Busana Peranakan” (Cheongsam Batik) di Hall B3, JIExpo  Kemayoran – Jakarta, (02/08/24).

Acara berlangsung dengan sangat meriah dan gempita diikuti oleh 300 orang penonton (WNI & WNA) dan 40 kontestan, serta beberapa komunitas perempuan. Diliput oleh: Okezone TV, Metro Xinwen , El John TV.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula madame Jane Ren Seam (Istri Dubes Uni Eropa untuk ASEAN yang berdarah Tionghoa) untuk melihat keunikan busana peranakan.

Tujuan dari penyelenggaraan kontes tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa masyarakat Tionghoa telah lama ada di Nusantara dan berbaur dengan kearifan lokal menjadi bagian dari Bangsa Indonesia.

Hal tersebut tercermin dari banyaknya peserta kontes non Tionghoa yang dengan luwes membawakan Cheongsam batik, hal itu menunjukkan bahwa akulturasi budaya Tionghoa dengan kearifan lokal batik Nusantara telah diterima oleh masyarakat luas.

Berikut daftar nama Juri dalam perlombaan, antara lain: Emi Wiranto Ketua Sekar Ayu Jiwanta, Christina Sudjie Kadep Pengembangan PSMTI Pusat/ CMO Krista Exhibitions, dan Riana Kesuma Designer & pakar batik.

Suksesnya gelaran kontes ini tidak terlepas dari dukungan Krista Exhibitions, Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta, Ketua Perwanti-PSMTI Idayani Oesman, WKU Kaderisasi, Pemuda dan Pengembangan PSMTI beserta jajarannya, Sekar Ayu Jiwanta, Oxone, SIUL, VSP, AXL, Ketua IKOCI Jatim Angie Laurentsia, Emerald Line Dance, dan pihak-pihak lainnya.

Penulis dan Editor : Digital TI PSMTI Departemen


Posted

in

by

Tags: