Dalam Rangka Gebyar Kemerdekaan HUT ke-79 RI, PERWANTI PSMTI Pusat Gelar Pertunjukan Kesenian

Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti) PSMTI Pusat menggelar Gebyar Kesenian Peringati HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Waterfront Baywalk Mall Pluit, Jakarta (24/08/2024). 

Adapun pertunjukan yang ditampilkan menggunakan alat musik khas Jawa Barat yang dimainkan oleh tiga perkumpulan angklung, yakni Grup Angklung Perkumpulan Warga Nan An, Angklung Indah Permai dan Soka Gakkai Indonesia.

Dari ketiga grup angklung tersebut, tidak hanya berhasil menampilkan kekayaan budaya tradisional tetapi juga menunjukkan bagaimana seni dapat terus berkembang dan menarik minat generasi baru.

Selain angklung, juga terdapat Senam Taiji yang dilakukan 200 orang dari gabungan sasana yang dikoordinir oleh Yayasan Senam Taiji Sehat Indonesia. 

Sasana yang ikut berkontribusi yakni sasana Jian Kang Taiji, Sasana Harmoni Indah, Sasana MCJ DKI  dan Sasana Pinangsia. Selanjutnya, juga ada pertunjukan Taiji Dao 13 dan Taiji Dao 32 yang ikut menggiring pengunjung mall untuk menonton.

Lebih dari itu, event ini juga menampilkan paduan suara dari Songzhou Cair, Wushu, Kungfu dan Linedance dari Angin Mamiri, Petak Enam, Perwanti. 

Ketua Perwanti PSMTI Pusat, Idayani Oesman mengapresiasi kepada peserta yang tampil dalam memeriahkan event ini, khususnya peserta yang sudah lanjut usia dengan menunjukan semangat cinta tanah air tetap membara dan tidak kalah dengan anak-anak muda.

“Mereka  seharusnya sudah pensiun ya dan cukup di rumah saja, tapi kita sama-sama menyaksikan, mereka masih bisa berkarya, bahkan karya tersebut diperlihat saat HUT RI ke-79. Dengan berkarya, mereka tidak kesepian dan menyalurkan hobinya,” ucap Idayani.

Selanjutnya, Ketua Panitia Gebyar Kesenian, Duriaty Murni, mengatakan acara ini tidak hanya untuk merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga untuk memperkuat rasa kebersamaan dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dan sekaligus memperkuat kebersamaan di antara anggota Perwanti PSMTI Pusat,” jelas Duriaty.

“Kami berharap dengan acara ini, kami dapat memperkokoh ikatan antar anggota dan komunitas, serta menunjukkan semangat kebersamaan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Perwanti PSMTI Pusat Sri Mutiara Sutardji mengungkapkan pentingnya semangat kebersamaan dan persatuan yang ditunjukkan melalui pilihan pertunjukan seni yang dipadukan dalam acara ini. Oleh karena itu, pertunjukan Angklung dan Taiji ditampilkan untuk membuktikan bahwa dua kesenian yang berbeda tersebut sangat harmonis jika dipersatukan.

 “Kami memilih untuk menampilkan Angklung dan Taiji sebagai bagian dari acara ini. Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia, sedangkan Taiji adalah olahraga tradisional Chinese. Mengapa kami memadukan keduanya? Ini adalah cara kami untuk menunjukkan bahwa kita bersatu dalam keberagaman,” jelas Sri.

Dewan Penasehat PSMTI, Ricky Suharlim memberikan pujian terhadap Perwanti PSMTI Pusat yang sukses menyelenggarakan acara bermanfaat ini. 

Ricky menyampaikan kekagumannya terhadap tim Perwanti PSMTI Pusat yang berhasil menyusun dan melaksanakan acara ini dengan waktu yang singkat.

 “Mereka berhasil merangkai semua kegiatan dalam waktu singkat, melibatkan berbagai latar belakang, mulai dari pengusaha hingga profesional. Semua ini dilakukan dengan hati yang terdalam, dan semangat merah putih menjadi landasan utama mereka,” kata Ricky.

Menurut Ricky, acara Gebyar Kesenian ini bukan hanya sekadar menampilkan pertunjukan seni, tetapi juga merupakan wujud dari prinsip berbagi dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Acara ini dihadiri oleh berbagai golongan dan kelompok umur, mencerminkan prinsip kami bahwa kegiatan ini bukan karena kelebihanmu, tetapi karena niat untuk berbagi. Manusia yang bermanfaat adalah mereka yang bisa memberi manfaat bagi orang lain,” tutupnya.

Penulis dan Editor : Digital TI PSMTI Departemen


Posted

in

by

Tags: