Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia: Peranan Wanita Tionghoa Indonesia Peduli dan Berbakti Bagi Indonesia

Program radio Suara Untuk Negeri Heartline 100.6 FM kali ini menampilkan narasumber yang menginspirasi dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Dr. Juliana Hindrajat. Dalam obrolan santai yang dipandu oleh Le Satriadi, mereka mendiskusikan tema Kepedulian & Bakti Bagi Indonesia.

Menyoroti peran wanita dalam membangun karakter anak-anak, Dr. Juliana membagikan pengalaman pribadinya. “Anak laki-laki saya terlibat aktif di PSMTI, dia merasa bahagia bisa membantu sesama. Itu semua berawal dari melihat keteladanan ibu yang berkontribusi pada pelayanan masyarakat,” ujarnya penuh semangat.

Generasi muda, menurut Dr. Juliana, adalah kunci masa depan Indonesia. Ia meyakinkan bahwa peran wanita, khususnya ibu, sangat penting dalam membentuk karakter pemimpin di masa depan. “Pengembangan karakter anak-anak juga bergantung pada keteladanan ibu yang mendampingi mereka,” tambahnya.

Namun, tantangan nyata bagi wanita yang aktif seperti Dr. Juliana adalah terbatasnya waktu. Ia menegaskan bahwa kunci kesuksesan terletak pada manajemen waktu yang efisien dan komunikasi yang baik. Baik dalam dunia akademis maupun di organisasi, kemampuan membagi waktu dengan bijak adalah kunci.

Sebagai wanita Tionghoa Indonesia, Dr. Juliana merangkum nilai-nilai budaya yang dijunjung tinggi. “Kerja keras, ketekunan, dan penghormatan terhadap nilai baik adalah bagian dari identitas kita,” paparnya. Ini menjadi fondasi bagi wanita untuk memberikan kontribusi positif dan membentuk Indonesia yang lebih baik.

Dengan penuh semangat, Dr. Juliana mengajak para wanita untuk terus mengembangkan diri dan kemudian membagikannya. Baginya, ketika wanita dapat berkontribusi dan berbagi, mereka sedang membangun Indonesia. Tulisan ini menjadi pengingat bahwa setiap wanita, dengan nilai-nilai dan pengalaman uniknya, memiliki peran penting dalam membentuk masa depan bangsa.

Artikel ini telah tayang di heartline.co.id pada15 November 2023 dengan judul “Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia: Peranan Wanita Tionghoa Indonesia Peduli dan Berbakti Bagi Indonesia”, https://heartline.co.id/paguyuban-sosial-marga-tionghoa-indonesia-peranan-wanita-tionghoa-indonesia-peduli-dan-berbakti-bagi-indonesia/

Obrolan lengkap bisa didengarkan di YouTube