Persiapan HUT ke-25, Pengurus PSMTI Bersilaturahmi Dengan Ketua Dewan Kehormatan Senior

Ketua Umum Paguyuban Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta bersama sejumlah pengurus menemui Ketua Dewan Kehormatan PSMTI Sugianto Kusuma di Kantor Pusat Budha Tzu Chi, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jumat (25/08/2023).

Pengurus yang ikut mendampingi Ketua Umum antara lain Ketua Harian I Peng Suyoto yang juga sebagai Ketua Panitia HUT PSMI ke-25; WKU PSMTI Dept. HUKUM HAM dan Advokasi Djoni Toat; WKU PSMTI Dept. Hubungan Ormas dan Lintas Agama Serian Wijatno dan   WKU PSMTI Dept. Kaderisasi dan Kepemudaan Johnny Situwanda.

Kedatangan Ketua Umum PSMTI bersama pengurus untuk  bersilaturahmi, sekaligus mengundang beliau (Sugianto Kusuma) untuk hadir di  perayaan HUT PSMTI ke-25 yang dilangsungkan   2 Oktober 2023 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Ketua Panitia HUT PSMTI ke-25 Peng Suyoto mengatakan  dalam pertemuan ini, beliau mendapat laporan tentang program yang sudah dijalankan dan akan dikerjakan  PSMTI, termasuk persiapan perayaan HUT.

“Rangkaian yang kita kerjakan, beliau cukup apresiatif dan mendukung perayaan HUT PSMTI serta  menyampaikan saran dan masukan agar penyelenggara HUT bisa berjalan dengan sukses dan lancar,” kata Peng Suyoto saat diwawancarai media.

Menurut Peng Suyoto, saran yang disampaikan beliau diantaranya  PSMTI dapat terus memperjuangkan kesamaan hak dan kewajiban warga suku Tionghoa Indonesia. Kemudian beliau meminta PSMTI terus menjalin hubungan erat sesama komponen masyarakat tanpa membedakan suku agama dan ras.

“Tak hanya itu, beliau juga berpesan agar PSMTI tidak pernah berhenti menjalankan misinya dalam kegiatan sosial dan budaya dan beliau juga berharap PSMTI dapat mendorong warga Tionghoa Indonesia masuk dalam arus besar pemerintahan,” ujar Peng Suyoto.

Kepada beliau,  pengurus PSMTI menyampaikan terima kasih atas saran dan dukungannya untuk perayaan  ulang tahun perak PSMTI.  Setelah mengunjungi Sugianto Kusuma, rencananya pengurus PSMTI akan bertemu dengan sejumlah dewan kehormatan lainnya dan juga Kementerian.

Kementerian Sekretariat Negara menjadi salah satu yang akan dikunjungi. Kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui kepastian kedatangan  Presiden Jokowi atas undangan HUT PSMTI yang pernah diberikan pada 15 Mei 2023 lalu.
Pada kesempatan ini, Peng Suyoto mengatakan  persiapan HUT PSMTI sejauh ini sudah cukup matang.  Pada perayaan HUT nanti, akan ada peluncuran buku perjalanan suku Tionghoa di Indonesia yang ditulis  22 akademisi dari seluruh Indonesia dan pemberian award kepada tokoh Tionghoa Indonesia yang berdedikasi serta berkontribusi kepada bangsa dan negara.

Selain itu, dalam perayaan ini, tamu undangan yang jumlahnya 2.500 orang ini akan mengenakan  busana batik sebagai bentuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober.

Bukan hanya itu, HUT PSMTI juga sekaligus merayakan festival moon cake yang jatuh pada 29 September,” tutur Peng Suyoto.

Tak berhenti sampai di situ, kegiatan lain dalam memperingati HUT PSMTI juga akan digelar seperti menanam pohon bersama Pj Gubernur  DKI Jakarta  Heru Budi dan kegiatan sosial yang dilangsungkan selama 25 hari di seluruh Indonesia.

Penulis dan editor : Humas PSMTI