Selamat, Hendra Ivantie Santoso dan Alvania Artamevia Terpilih Sebagai Koko Cici Jakarta 2023

Selamat, Hendra Ivantie Santoso dan Alvania Artamevia Terpilih Sebagai Koko Cici Jakarta 2023

Ikatan Koko Cici Jakarta sukses melahirnya generasi berikut sebagai Koko Cici Jakarta 2023. Generasi tersebut yakni Hendra Ivantie Santoso sebagai Koko Jakarta 2023 dan Alvania Artamevia yang  dinobatkan sebagai Cici Jakarta 2023.

Nama Koko Hendra dan Cici Alvania diumumkan sebagai pemenang pada Malam Grand Final Pemilihan Koko Cici Jakarta 2023 yang dilangsungkan di Nafiri Bay Ballroom Baywalk Mall, Jakarta Utara. Puncak pemilihan yang berlangsung meriah ini,  dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah daerah, pengurus PSMTI, pengurus Ikatan Koko Cici Indonesia, rekan-rekan duta pariwisata dan duta kampus, serta keluarga dan ratusan pendukung finalis Koko Cici Jakarta 2023.

Proses seleksi Koko Cici Jakarta 2023 bukanlah hal yang mudah. Berbagai tahap dan proses penjurian telah dilakukan untuk mendapatkan 16 Pasang Koko Cici Jakarta terbaik. Sebanyak sembilan juri profesional dari berbagai bidang berbeda menilai para finalis pada Malam Final Pemilihan Koko Cici Jakarta 2023. Ke-sembilan juri tersebut adalah Drs. Sukarno, M.M. (Juri Pemerintahan), Carlouisia P Sandy, B. Ed., M.Tcsol (Juri Kebudayaan Tionghoa dan Bahasa Mandarin), Yasinta Indrianti, S.PSI. (Juri Psikologi), Mulya Dewi, S.H. (Juri Bahasa Asing), Dr. Hery Margono (Juri Pariwisata), Donny de Keizer, S.Sos., CPS (Juri Public Speaking), Dr. Ellen Theodora (Juri Ikatan Koko Cici Indonesia), Ignatius Ariel Kosasih S.KG (Juri Ikatan Koko Cici Jakarta) dan Alin Chen (Juri Kehormatan PSMTI).

Tak hanya di pada Malam Grand Final, penilaian juga dilakukan  dewan juri saat para finalis menjalani masa karantina selama 19 hari yang dimulai pada 24 Juni hingga 13 Juli 2023.  Nilai tertinggi diraih oleh Koko Hendra dan Cici Alvania dan keduanya keluar sebagai juara pertama.

Selian mengumumkan juara pertama, dewan juri juga mengumumkan nama pemenang lainnya yakni

1. Wakil I Koko Titanicko Lim dan Cici Vavioline Charles,

2. Wakil II Koko Chistopherous Diva Vivo dan Cici Valerie Kartini,

3. Harapan I Koko Jason Fitono dan Cici Joanne Amanda Irawan,

4. Harapan II  Koko Kelvin Liemanto dan Cici Kezia Abugail,

5. Koko Berbakat Juan dan Cici Berbakat Brigita Keisa,

6. Koko Favorit Nathanael Yosua dan Cici Favorit Celine.

Tahun ini, Koko Cici Jakarta mengangkat tema “Vibrance of Jakarta.” Kata Vibrance sendiri memiliki arti penuh dengan warna dan kehidupan bergairah yang menggambarkan kota Jakarta sebagai kota metropolitan. Walaupun masyarakat di Kota Jakarta terus bergerak secara dinamis dan memiliki aktivitas yang berbeda

Ketua Ikatan Koko Cici Jakarta, Koko Ignatius Ariel Kosasih mengucapkan selamat kepada para finalis yang keluar sebagai pemenang. Koko Ignatius berharap para finalis  dapat   turut aktif menjaga keberagaman dan melestarikan banyaknya potensi yang ada di Jakarta; baik dalam bidang pariwisata, budaya maupun kehidupan sosial di DKI Jakarta.

 “Melalui acara pemilihan Koko Cici Jakarta 2023 ini, kita ingin meningkatkan lagi kesadaran mengenai eksistensi akulturasi kebudayaan tionghoa dan nusantara dan juga keturunan tionghoa yang ada di indonesia sehingga dapat terus dilestarikan kedepannya oleh anak cucu kita,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Koko Cici Indonesia Ellen Theodora memberikan apresiasi kepada Ikatan Koko Cici Jakarta yang sukses menggelar pemilihan Koko Cici Jakarta 2023. Pemilihan ini membuktikan bahwa eksistensi Koko Cici Jakarta terus dipertahankan, bahkan bukan hanya di Jakarta namun di banyak daerah juga menyelenggarakan event yang serupa.

“Tentunya saya sendiri pribadi sangat bangga dan juga bahagia bahwa eksistensi dari Koko City Jakarta itu bisa bertahan, bahkan hingga hari ini dan tidak hanya di Jakarta saja tapi sudah ada di 11 provinsi yang lainnya. Tentunya mudah-mudahan kedepannya bakal banyak banget lagi ke provinsi-provinsi yang lainnya yang ini juga di punya Koko Cici untuk duta budaya Tionghoa pariwisata dan juga social,” kata Ellen.

Sebagai informasi, pemilihan Koko Cici Jakarta ini pertama kali diadakan pada tahun 2002 oleh Walikota Jakarta Barat, Sarimun. Sejak itu, pemilihan ini diadakan setiap tahun dan diikuti oleh generasi muda yang ingin berkontribusi dalam melestarikan kebudayaan Tionghoa.

Artikel ini telah tayang di eljhonnews.com ditulis oleh Sigit Purnomo pada 17 Juli 2023 dengan judul “Selamat, Hendra Ivantie Santoso dan Alvania Artamevia Terpilih Sebagai Koko Cici Jakarta 2023 ”, https://eljohnnews.com/selamat-hendra-ivantie-santoso-dan-alvania-artamevia-terpilih-sebagai-koko-cici-jakarta-2023/