PSMTI Kota Metro Ikut Meriahkan Hari Jadi Kota Metro ke-86

PSMTI Kota Metro Ikut Meriahkan Hari Jadi Kota Metro ke-86

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Metro berpartisipasi dalam acara pawai budaya HUT Kota Metro yang ke-86 pada (9/6/2023) dan dimulai pukul 14.00 WIB.

Ketua PSMTI Kota Metro, Handi Tjandryanto, mengatakan dalam Pawai Budaya ini, PSMTI Kota Metro yang mewakili Kecamatan Metro Barat menampilkan barongsai dan liong dengan 25 personil. Selain itu, juga ditampilkan wushu dengan show berbagai senjata tradisional dengan 11 personil. Tak ketinggalan, parade kokoh dan cici berpakaian Cheongsam, yang berjumlah kurang lebih sekitar 40 orang dengan memakai pakaian khas Tionghoa juga ikut memeriahkan Pawai Budaya.

“Untuk PSMTI Kota Metro sendiri memperkenalkan budaya Tionghoa yang berasal dari PSMTI Metro, termasuk personil wushu dan barongsai, agar masyarakat dapat mengetahui juga budaya suku Tionghoa di Kota Metro turut menyemarakkan dan membaur bersama budaya-budaya suku lainnya,” jelasnya.

Acara Pawai Budaya ini dilepas oleh Walikota Metro Wahdi Siradjuddin dari depan rumah dinas. Setelah dilepas, arak-arakan pawai mengelilingi pusat kota atau taman kota. Setelah itu, dilanjutkan dengan melewati depan kantor Walikota, Masjid Agung (Taqwa), pasar Kota Metro, dan berakhir di Lapangan Samber Kota Metro atau Samber Park

“Respon masyarakat sangat positif dan meriah, penampilan budaya Tionghoa bahkan diakui Forkopimda dan penonton-penonton sebagai yang paling menarik,” lanjutnya.

Selain itu, PSMTI Kota Metro juga turut berpartisipasi pada Malam Budaya Festival Putri Nuban yang dilaksanakan pada (18/6/2023) pukul 18.30 sampai 21.30 WIB di Samber Park Kota Metro. Pada acara ini, menampilkan lagu-lagu bernuansa Tionghoa, seperti Lung Di qu xiang, Shang Hai Tan, Wo De Hao Xiong Ti, Dayung Sampan, Cung Kuo Ren, Wo Men Pu Yi Yang, dan lagu-lagu nasional lainnya.

Tidak hanya itu, juga ada penampilan wushu, liong, barongsai, tarian kipas, tangan seribu, line dance, paduan suara, balet, dan modern dance. Untuk Pawai Budaya diikuti sekitar 30 pengurus dan 100 partisipan, sedangkan pada Malam Budaya terdapat sekitar 30 pengurus dan 150 penonton Tionghoa serta ratusan dari masyarakat.

“Saya berharap Kota Metro lebih berkembang dan lebih maju lagi, serta aman dan kondusif dalam segala hal terutama untuk laju perekonomian serta dunia usaha yang baik,” katanya.

Pada Malam Budaya ini dihadiri oleh Walikota Metro dan istri (Ketua PMI dan Ketua Dekranasda), Ketua DPRD Kota Metro, Wakil Ketua Komisi II DPRD, SEKDA, KADISPORAPAR, Ketua Dharma Wanita dan Ibu-ibu Dharma Wanita, masyarakat, dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di eljohnnews.com ditulis oleh Savira pada 29 Juni 2023 dengan judul “PSMTI Kota Metro Ikut Meriahkan Hari Jadi Kota Metro ke-86 ”, https://eljohnnews.com/psmti-kota-metro-ikut-meriahkan-hari-jadi-kota-metro-ke-86/