IPTI dan Prima DMI Teken MoU Majukan Ekonomi Ummat Melalui Wirausaha Muda

IPTI dan Prima DMI Teken MoU Majukan Ekonomi Ummat Melalui Wirausaha Muda

Menindaklanjuti pertemuan beberapa waktu lalu, Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) dan Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) menandatangani Memorandum Understanding atau MoU di kantor Dewan Masjid Indonesia (DMI), Matraman, Jakarta Pusat, Jumat (16/06/2023).

MoU ditandatangani oleh Ketua Umum IPTI Ardy Susanto dan Ketua Umum Prima DMI Munawar Khalil serta disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (JK), Wakil Ketua Umum PSMTI Departemen Hubungan Organisasi dan Lintas Agama Rudi Rusdiah mewakili Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta dan Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Serian Wijatno.

Penandatangan MoU dilakukan untuk memperkuat kerja sama IPTI dan DMI dalam memajukan ekonomi umat melalui pembinaan dan pembentukan wirausaha muda sesuai dengan tema yang diangkat dalam MoU yakni “Sinergi dan Kolaborasi Wirausaha: Gerakan Ekonomi Masjid, Dari Ummat Kuatkan Rakyat.

Ketua Umum DMI yang juga Wakil Presiden ke 10-12 JK mengapresiasi terwujudnya  kerja sama antara  IPTI dan Prima DMI. JK mengatakan melalui kerja sama ini, Prima DMI dapat belajar dengan pemuda Tionghoa Indonesia dalam membangun usaha. 

Menurut JK, etos kerja dan semangat suku Tionghoa Indonesia tidak diragukan lagi karena sudah terbukti usaha yang dibangunnya tumbuh pesat.

“Selalu saya sampaikan bahwa masyarakat Tionghoa mempunyai kemampuan yang tinggi dalam ekonomi karena semangat dan kerja keras serta kemampuan marketing yang baik, inilah yang harus dipelajari dan Dicontoh. Karena itulah kerjasama antara Pemuda Masjid ini dan pemuda Tionghoa penting dilakukan,” kata JK dalam sambutannya.

JK mengatakan  belajar untuk membangun usaha tidak harus dipusatkan di ruang kelas, namun dengan melihat langsung bagaimana cara membangunnya, serta berbagi pengalaman dalam berbisnis

“Nanti pengalaman itu kita harapkan dengan melihat dan merasakan, jadi nanti diskusi berjalan untuk melihat bagaimana industri atau toko berjalan sehingga nanti terjadi suatu hubungan dan toleransi yang baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, JK mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dirinya dengan Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta.

“Pembicaraan saya dengan Wili sekitar tiga bulan yang lalu. Saya sampaikan ke Wili untuk membikin kerja sama antara pemuda Masjid dengan Pemuda Tionghoa, katakan tiap bulan atau tiap minggu menggelar pertemuan  atau mengunjungi salah satu perusahaan  ,” ungkap JK.

Ketua Umum IPTI Ardy Susanto bersyukur akhirnya IPTI dan Prima DMI dapat merumuskan kesepakatan bersama untuk membangun dan mengembangkan UMKM yang  dikelola  generasi muda,  sehingga nantinya dapat berkontribusi memajukan  ekonomi ummat.

“Semoga kedepannya kerja sama ini, bisa menghasilkan satu kekuatan anak muda yang solid, sehingga bisa membawa Indonesia menjadi nation building yang lebih baik untuk mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045,” ujar Ardy.

Ketua Umum Prima  DMI Munawar Khalil berharap kerja sama ini, dapat memberikan dampak yang besar bagi pemuda Masjid untuk mengasah kemampuannya dalam membangun usahanya. 

“Kami menyadari bahwa berbicara tentang ekonomi mungkin kami kalah jauh dengan saudara kami yang ada di IPTI, oleh  sebab itu dengan semangat yang kita bangun,  kolaborasi ini diharapkan dapat meraih  ilmu dan pengalaman dari saudara-saudara kita,” sambung Munawar.

Wakil Ketua Umum PSMTI Departemen Hubungan Organisasi dan Lintas Agama Rudi Rusdiah mengatakan Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta menyambut baik  dibangunnya kerja sama ini. Diharapkan kolaborasi IPTI dan DMI dapat saling memberikan informasi bermanfaat yang dibutuhkan kedua belah pihak, utamanya dalam memajukan perekonomian bangsa.

“Harapan kami  semoga dengan MoU  ini dapat membngun  kolaborasi yang kuat , sehingga hubungan PSMTI dan DMI dapat terjalin erat dan akan melahirkan kerja sama yang lain,” kata Rudi.

Setelah MoU ditandatangani, IPTI dan Prima DMI  segera  menindaklanjuti dengan menyusun konsep kerja sama yang akan dijalankan kedua belah pihak.

Artikel ini telah tayang di eljohnnews.com ditulis oleh Humaniora pada 16 Juni 2023 dengan judul “IPTI dan Prima DMI Teken MoU Majukan Ekonomi Ummat Melalui Wirausaha Muda ”, https://eljohnnews.com/ipti-dan-prima-dmi-teken-mou-majukan-ekonomi-ummat-melalui-wirausaha-muda/


Posted

in

by